Internet Kampus - Kampus WiFi

Posted on
  • Selasa, 14 Mei 2013
  • by
  • Thor
  • in
  • Labels: , , ,
  • http://www.dit.edu.in/img/wifi-1.jpg
    WiFi Access - student life style

    Kampus sebagai tempat interaksinya ilmu pengetahuan dan teknologi sudah barang tentu menjadi bidikan "Kakap" para operator Internet Service Provider (ISP) atau jasa pelayanan internet. Tak tanggung-tanggung operator plat merah (BUMN) seperti Telkom Grup, Lintasarta, Indosat mulai berebut pelanggan. Belum lagi ISP Swasta pun tak ketinggalan seakan berebut "ikan dilautan" seperti CBN, Biznet, dll. Peningkatan yang cenderung tinggi ini terjadi karena terdorong oleh munculnya layanan broadband yang semakin luas dan kecenderungan harga yang semakin murah sehingga mampu menggairahkan industri ISP di Indonesia.

    Akses wireless melalui teknologi wireless fidelity (WiFi) yang biasa disebut hot spot umumnya ada di lokasi-lokasi strategis seperti mal besar, kafe-kafe, bandara dan fasilitas umum, kampus, sekolah, hotel, apartemen di kota-kota di Indonesia. Hingga kini jumlah hot spot yang disediakan oleh ISP di Indonesia telah mencapai ratusan. Telkom Grup saat ini sedang gencar-gencarnya memasang akses Wi-Fi dengan bendera Wifi.id ke semua kampus dan sekolah-sekolah. 

    Begitu pula Indosat (IM2) tak ketinggalan merangsak dengan memasang akses Wi-fi ke lingkungan yang sama berdampingan dengan Telkom Grup. Berkembangnya teknologi nirkabel juga merambah koneksi internet. Sejak beberapa tahun terakhir teknologi wireless fidelity (WiFi) yang memungkinkan akses internet dilakukan secara nirkabel melalui kartu jaringan Wi-Fi 802.11 a/b/g telah diaplikasikan untuk koneksi internet.

    Geliat ini dapat ditunjukkan dengan penerapan teknologi broadband berbasis seluler sebagai imbas dari terus meningkatnya pengguna smartphone dikalangan anak-anak muda dan mahasiswa. Sehingga para operator seluler mulai menjelajah ke setiap sudut kampus dan sekolah serta area-area publik dengan pemasangan perangkat Wi-Fi dengan harapan tidak ada ruang kosong bagi pengguna internet mendapatkan akses internet yang berkualitas.

    Lokasi-lokasi hotspot terus tumbuh terutama di kota-kota besar. Beberapa pemain seperti Telkom, Indosat, Biznet, CBN, dll menggelar layanan ini. Baru dua pemain yakni Telkom dan Indosat sampai dengan saat ini, telah menggelar layanan hot spot di beberapa kota.

    Bagaimana cara mengakses perangkat Wifi.id dapat mengikuti tutorial berikut > cara akses layanan wifi.id

    0 comments:

    Posting Komentar